16 September 2008

Anggota DPR: Perbanyak Beasiswa bagi Pelajar

Sumber : Lampung Post
Selasa, 16 September 2008

JAKARTA (Ant/Lampost): Anggota Panitia Anggaran DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), Aan Rohanah, mengimbau pemerintah memperbanyak bantuan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa berprestasi yang tidak mampu, terkait kenaikan anggaran pendidikan pada 2009.


"Pemerintah mestinya lebih banyak lagi mengalokasikan bantuan beasiswa untuk siswa dan mahasiswa berprestasi tetapi kurang mampu," ujarnya, di Gedung DPR Senayan Jakarta, Senin (15-9).

Menurut dia, perhatian dan alokasi anggaran juga diberikan kepada para peraih medali dalam olimpiade matematika, sains, dan teknologi tingkat internasional, para atlet berprestasi, seniman dan mereka yang telah mengharumkan nama bangsa di arena Internasional.

Bantuan beasiswa itu, kata Aan, idealnya diberikan secara berkelanjutan selama mereka menempuh studi dan bukan temporer.

Aan meminta anggaran pendidikan tinggi dialokasikan pada upaya memajukan iptek dan menjadikan universitas atau perguruan tinggi sebagai pusat penelitian, serta diarahkan pada kebutuhan pasar dan industri. Dengan demikian, disparitas lulusan perguruan tinggi dengan kemampuan daya serap lapangan kerja yang tinggi bisa dicegah.

Menurut Aan, melalui penambahan anggaran pendidikan, pemerintah seharusnya menjamin kemudahan akses bagi calon mahasiswa untuk mendaftar ke universitas negeri manapun.

"Perguruan tinggi harus membuka akses seluas-luasnya dan memberi kesempatan kepada anak-anak bangsa dari berbagai lapisan," ujarnya.

Kini, menurut Aan, perguruan tinggi harus menarik biaya dari masyarakat sangat tinggi dan masyarakat dipaksa menyubsidi biaya masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang semestinya menjadi beban dan tanggung jawab pemerintah.

"Upaya tersebut semakin menunjukkan legalnya praktek komersialisasi, kapitalisasi, dan liberalisasi PTN," kata Aan. n S-1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar