04 Oktober 2007

Perpustakaan peran strategis

JAKARTA - Perpustakaan memiliki peranan strategis dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa baik di negara maju maupun berkembang. Keberadaan perpustakaan adalah keniscayaan dalam kemajuan peradaban dan kebudayaan umat manusia.
Perpustakaan merupakan pusat sumber informasi, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan kebudayaan. Perpustakaan bisa berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan kebudayaan bangsa.
Demikian dikatakan anggota Komisi X/panitia anggaran dari F-PKS DPR RI, Dra Aan Rohanah dalam pandangan Fraksi pada Sidang Paripurna DPR RI, kemarin.
Menurutnya, saat ini kondisi perpustakaan di Indonesia masih belum maksimal. Upaya meningkatkan dunia perpustakaan bagi bangsa Indonesia merupakan tantangan besar yang dihadapi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
"Tidak sampai 7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang merasakan bahwa perpustakaan itu berperan penting dalam kehidupannya. Imej yang muncul tentang perpustakaan di Indonesia justru membuat kita prihatin." (ari)

Sumber : Koran Harian Terbit, Rabu, 4 Oktober 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar